• header
  • header
  • footer
  • footer

Selamat Datang di Website SMP NEGERI 2 MANOKWARI | Terima Kasih atas Kunjungannya.....

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMP NEGERI 2 MANOKWARI

NPSN : 60400172

Jl. Yos Sudarso Manokwari, Papua Barat


info@smpn2manokwari.sch.id

TLP :


          

Banner

Agenda

25 September 2021
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Statistik


Total Hits : 136658
Pengunjung : 53802
Hari ini : 53
Hits hari ini : 142
Member Online : 0
IP : 3.238.95.208
Proxy : -
Browser : Opera Mini

PROGRAM KEGIATAN DAN HASIL

 

A. PROGRAM KEGIATAN

Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan maka SMP Negeri 2 Manokwari merencanakan dan melaksanakan program kegiatan/program kerja sebagai berikut : (Sesuai dengan tuntutan BSNP)

 

Program Kerja SMP Negeri 2 Manokwari menuju Persiapan RSBI

 

PROGRAM 1 : SOSIALISASI PENETAPAN SEKOLAH  RINTISAN SBI  Kegiatan 1 :   1.1.     Mengikuti workshop di Bogor 1.2.          Rapat koordinasi persiapan sosialisasi. 1.3.          Pembentukan penanggung jawab dan tim Pengembang Rintisan SBI.  Kegiatan 2 :   Sosialisasi eksternal penetapan sekolah Rintisan SBI  Rincian Kegiatan :   2.1    Mengadakan Sosialisasi  dengan dinas terkait dan masyarakat 2.2       mengadakan Lomba Mapel Matematika, IPA dan Bahasa Inggris untuk  kelas  VI 2.3       Sosialisasi melalui media cetak dan media elektronik/radio 2.4       Publikasi melalui website, spanduk, pamflet, brosur. 2.5       Publikasi melalui kegiatan pameran dan bazar 2.6       Dokumentasi kegiatan 2.7       Monitoring, evaluasi dan Pelaporan.   PROGRAM 2 :            PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU Kegiatan 1 :   Sosialisasi persyaratan dan seleksi Penerimaan Siswa Baru/Peserta Didik Baru.

1.1      Rapat pembentukan panitia PPD
1.2      Menyusun dan  penggandaan materi Sosialisasi PPD
1.3      Melaksanakan sosialisasi PPD

Kegiatan 2    ;   Pendaftaran dan seleksi calon Peserta Didik

  • Melaksanakan pendaftaran calon Peserta Didik
  • Melaksanakan seleksi administrasi calon Peserta Didik melalui : Data nilai raport SD kelas VI s.d kelas VI, surat pernyataan Kesanggupan siswa dan orangtua.
  • Melaksanakan seleksi penyaringan calon Peserta Didik melalui : Tes Tertulis Akademik, tes psikologi, tes penguasaan Kompetensi bhs inggris dan komputer, Wawancara dan tes kepribadian.

Kegiatan 3      :   Penetapan calon Peserta Didik (sementara)

Rincian kegiatan  :   3.1      Penyusunan ranking calon Peserta Didik.

  • Penetapan dan Pengumuman calon  Penerima Peserta Didik (sementara)

Kegiatan 4           :   Matrikulasi

Rincian kegiatan :   Matrikulasi (Matematika IPA, Bahasa Inggris dan TIK).

Kegiatan 5          :   Monitoring dan Evaluasi

Rincian Kegiatan            :    5.1       Menyusun laporan kegiatan

  • Mengarsipkan dokumen PPD
  • Monitoring, evaluasi dan Pelaporan.

 

PROGRAM 3 : PEMERSIAPAN SUMBER DAYA

Kegiatan 1       :   Kursus Bahasa Inggris bagi guru Matematika, IPA dan TIK

Rincian Kegiatan  :  1.1      Pendataan calon peserta kursus

  • Pelaksanaan kursus Bahasa Inggris
  • Pengadaan ATK dan bahan materi kursus
  • Monitoring, Evaluasi dan pelaporan

Kegiatan 2    :   Kursus TIK  bagi guru Matematika,  IPA dan Bahasa Inggris

Rincian Kegiatan            :  2.1      Pendataan calon peserta kursus

  • Pelaksanaan kursus TIK
  • Pengadaan ATK dan bahan materi kursus
  • Monitoring, Evaluasi dan pelaporan

 

Kegiatan 3  : Workshop Pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) untuk guru

                      Bahasa Inggris, MIPA, dan TIK

  • Pendataan calon peserta workshop.
  • Pelaksanaan workshop
  • Pengadaan ATK dan bahan materi kursus
  • Monitoring, Evaluasi dan pelaporan

Kegiatan 4  :   Workshop pembelajaran ber-Bahasa Inggris

  • Pendataan calon peserta workshop.
  • Pelaksanaan workshop
  • Pengadaan ATK dan bahan materi kursus
  • Monitoring, Evaluasi dan pelaporan

Kegiatan 5  :   Study banding ke Sekolah Rintisan SBI Terbaik

  1. Penyusunan program
  2. Pelaksanaan study banding
  3. Monitoring, Evaluasi dan pelaporan

Kegiatan 6   : Pengadaan Bahan Ajar Bilingual Kelas RSBI

Rincian Kegiatan            : 6.1        Pendataan Mata Pelajaran yang dibutuhkan

                                      6.2        Pengadaan Bahan Ajar :

  • Matematika
  • IPA
  • Bahasa Inggris
  • TIK
  • Monitoring , Evaluasi dan Pelaporan

 

B. INDIKATOR  KEBERHASILAN

 

Untuk program SSN menuju ke RSBI, indikator keberhasilan secara komprehensip ditetapkan pada akhir program 3 tahunan yang ditetapkan sebagai berikut :

  1. Memiliki dokumen kurikulum berbasis kompetensi secara lengkap
  2. Memiliki perangkat pembelajaran lengkap, dari silabus sampai dengan RPP untuk kelas VII s/d IX semua mata pelajaran.
  3. Menerapkan Pembelajaran Contekstual untuk kelas 7 s./d 9 semua mata pelajaran.
  4. Rata-rata pencapai ketuntasan kompetensi minimal 75%
  5. Kondisi guru 75% minimal berpendidikan S1 pada tahun ke tiga.
  6. Penguasaan kompetensi, 50% bersertifikasi kompetensi.
  7. Ratio jumlah guru dan siswa, minimal 75 % menguasai Bahasa Inggris dan Komputer.
  8. Ratio jumlah rombel dan jumlah kelas 1 : 1 (tidak boleh double sift)
  9. Minimal memilkiki 1 (satu) kelas Bilingual tiap jenjang sebagai ujicoba RSBI.
  10. Jumlah siswa per rombel maksimal 35 untuk semua kelas.
  11. Rata-rata jam mengajar guru berkisar antara 18 s.d 24 jam pel. Perminggu
  12. Memiliki Lab. Bahasa, Lab. Komputer, dan Lab. Ketrampilan.
  13. Memiliki telepon dan akses internet pada Lab. Komputer, ruang guru, dan ruang Kepala Sekolah.
  14. Memiliki ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru, Ruang BP, Ruang Tata Usaha, Kamar kecil yang cukup dan memadai.
  15. Memiliki ruang perpustakaan/ruang media (termasuk ruang baca)
  16. Sudah melaksanakan secara konsisten aspek-aspek dalam manejemen berbasis sekolah.
  17. Memiliki perangkat media pembelajaran untuk semua mata pelajaran sesuai dengan SPM.
  18. Sudah melaksanakan sistem penilaian yang komprehensif (Ulangan harian, UTS, UAS, Ulangan Kenaikan Kelas dengan tehnik penilaian yang bervariasi) Sesuai dengan PP N0 19 tahun 2005.

          Memiliki Standar Pembiayaan minimal Rp. 100.000,- per bulan per siswa.